Kerajaan-Kerajaan Afrika Yang Terlupakan (Bagian 1): Kekaisaran Axum dan Kerajaan Ghana



Selama ini bangsa Eropa mengangap bahwa dirinya adalah pusat peradaban sedangkan bangsa lain seperti Africa dianggap sebagai bangsa barbar. Secara tidak langsung timbul stigma bahwa Africa dapat mengenal teknologi dan sains setelah kedatangan para kulit putih di benua hitam. Jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa di Afrika telah berlangsung berbagai peradaban. Tidak hanya ada di Mesir tetapi di berbagai daerah lain yang ada di Afrika. Berikut ini akan disajikan tujuh Kerajaan Kuno termasyur di Afrika:

1. Kekaisaran Axum

Kekuatan, perdagangan dan militer Kekaisarn Axum merupakan yang terpenting di kawasan yang sekarang bernama Eritrea dan Ethiopia utara pada 100-940 M.
Pada masa puncak kejayaannya, Kekaisaran Axum pernah menjadi empat negara adidaya bersama Persia, Romawi, dan Cina pada masanya. Kekaisaran Axum mengendalikan wilayah Ethiopia Utara, Eritrea, Sudan utara, Mesir selatan, Djibouti, Yaman barat, dan Arab Saudi bagian selatan. Total wilayah kekaisaran ini mencapai 1,25 juta km (setara dengan setengah ukuran negara India). Aktivitas perdagangan Kekaisaran Axum telah sampai jauh ke wilayah timur yaitu Cina dan India.
Tower/Menara Peninggalan Kekaisaran Axum

         2. Kerajaan Ghana
Kerajaan ini berpusat di wilayah yang sekarang disebut Senegal dan Mauritania. Pengaruh Kerajaan Ghana mendominasi di daerah Afrika Barat dari 750-1078M. Bangsa-bangsa yang ada wilayah Afrika Utara menyebut kerajaan ini sebagai “Tanah Emas”. Ghana dapat dikatakan telah memiliki sistem metode administrasi yang rapi dan tertata, kekuatan tentara yang besar, dan terkenal atas monopolinya terhadap tambang emas.
Wilayah Kerajaan Ghana

Soninke merupakan raja yang mendirikan Kerajaan Ghana. Meskipun dia tidak pernah sepenuh memeluk Islam, hubungan baik dengan pedagang Islam tetap dapat terjaga. Kekayaan Kerajaan Ghana ini berasal dari tambang emas dan menjadikan unta sebagai moda pengangkutnya. Al-Hamdani, seorang penulis Arab mengatakan bahwa Kerajaan ini memiliki tambang emas terkaya di dunia. Ghana juga kekuatan militer yang besar, raja memiliki memiliki 200.000 prajurit dan 40.000 pemanah.

Topeng Emas Peninggalan Kerajaan Ghana

Sumber:
Previous
Next Post »