Pencarian Piramida Putih Xi’an Yang Legendaris



Tersebar di dataran yang datar namun terpencil di Provinsi Shaanxi, China, dekat dengan Xi’an, ibukota kerajaan di masa kuno, terletak belasan piramida yang menjulang spektakuler namun jarang dikenal di luar China. Cerita tentang objek ini merupakan perpaduan antara realita dari kemegahan makam ini dan legenda dari 1000 piramida putih raksasa yang memiliki puncak permata yang mungkin mengalahkan piramida Giza. Ketika beberapa peneliti percaya bahwa pengamatan secara udara dari Piramida Putih Xi’an berhubungan dengan Piramida Maoling, makam dari Kaisar Wu dari Han, sementara yang banyak orang juga menyebutkan bahwa piramida tersebut belum ditemukan.

Piramida (yang juga disebut sebagai bukit makam segiempat) dekat Xi.an, China (Credit: Hartwig Hausdorf)

Pengamatan Pertama – Fred Meyer Schroder, 1912
Beberapa laporan menyebutkan penampakan sebuah piramida putih raksasa di China lebih dari satu abad yang lalu oleh seorang agen perjalanan dan pedagang Fred Meyer Schroder, yang mendapati serangkaian piramida di kejauhan ketika berjalan dengan seorang biksu Budha di Privinsi Shaanxi di 1912. Dia melaporkan telah melihat satu piramida raksasa dengan beberapa piramida kecil di sekelilingnya. “hal ini adalah sesuatu yang aneh jika piramida sebesar ini ditemukan di alam terbuka yang dapat dilihat dengan mata telanjang oleh penduduk di negeri ini tapi benar-benar tidak dikenal oleh dunia barat” tulisnya di dalam jurnal perjalanannya.

Schroder memperkirakan bahwa piramida utama setidaknya dulu memiliki tinggi 300 meter (sekitar 1000 kaki) dengan 500 meter lebar. Sesuatu ukuran yang setidaknya sepuluh kali lebih besar dari Piramida Agung di Giza di Mesir yang memiliki tingg 140 meter (450 kaki). Pemandu Schroder yang berasal dari Mongolia, Bogdo, memberikan informasi bahwa piramida ini setidaknya berusia 3000 tahun dan menurut informasi dari penduduk dicatat oleh dokumen-dokumen kuno dan sangat popular sebagai cerita legenda di masyarakat local.

Pengamatan Kedua – James Gaussman, 1945
Pengamatan kedua dan yang paling terkenal dari Piramida Putih Xi’an ini berasal dari United States Army Air Corps yang bernama James Gaussman yang menerbangkan sebuah pesawat dari China ke Assam, India di musim semi 1945, ketika itu dia melaporkan melihat piramida raksasa dengan puncak permata di tenggara Xi’an. Belakangan di menulis:

Aku terbang di sekitar sebuah gunung dan kemudian menuju sebuah lembah. Tepat di bawah kita adalah sebuat piramida puti raksasa. Benda ini seperti bagaikan berasal dari sebuah dongeng. Piramida itu diliputi oleh cahaya putih yang mungkin berasal dari metal atau sejenis batuan. Piramida itu terlihat putih dari berbagai sisi. Yang paling mengagumkan adalah puncaknya yaitu semacam benda mirip permata. Aku sangat terkesan akan kemegahan piramida ini

Pengamatan ketiga – Kolonel Murice Sheahan, 1947
Hanya dua tahun berselang setelah Gaussman menemukan piramida putih itu, Kolonel Murice Sheahan, seorang direktur bagian Timur Jauh dari Trans World Airlines, terbang di atas sebuah lembah dekat dengan Pegunungan Qin Ling, sekitar 40 mil dari Barat Daya Xi’an di Provinsi Shhaanxi, ketika itu dia melihat sebuah piramida raksasa di bawahnya. Penemua Sheahan ini dilaporkan pada New York Times edisi 28 Maret, dengan judul headline “U.S. Flier Reports Huge Chinese Pyramid In Isolated Mountains Southwest of Sian [Xi'an]

Pegunungan Qin Ling, China (Wikipedia)

Di dalam artikel tersebut, Sheehan melaporkan telah melihat sebuah piramida dengan tinggi sekitar 1000 kaki dan lebar 1500 kaki dan dia menyebutkan bahwa benda itu membuat piramida-piramida di Mesir seperti kurcaci. Dua hari setelah laporan tersebut, New York Times mencetak sebuah foto benda yang menyerupai piramida, yang belakangan disebutkan berasal dari Gaussman. Sementara itu arkeologis China menolak bahwa piramida seperti itu benar-benar ada.

Foto yang dicetak New York Times, 30 Mei 1947, dianggap diambil oleh James Gaussman

Foto tersebut sangat mengecewakan karena terlihat tidak murni berwarna putih ataupun dipuncaki oleh permata dan tidak terlihat memiliki tinggi 1000 kaki, membuat beberapa pertanyaan muncul apakah foto tersebut Cuma kebetulan ditemukan oleh koran dan bukan benar-benar diambil oleh Gaussman.

Foto tersebut belakangan diidentifikasi sebagai bukit pemakaman Maoling yang sangat terkenal, makam dari Kaisar Wu dari Han (156-87 sebelum Masehi) yang berlokasi di Xingping, Provinsi Shaanxi, China, sekitar 25 mil dari timur laut ibu kota provinsi Xi’an.

Maoling adalah makam dari Raja Wu dari Han (Wikipedia)

Mausoleum Maoling
Maoling adalah piramida terbesar dari Dinasti Han Barat (atau makam bukit segi empat) yang dibangun sebagai mausoleum kerajaan sekitar 2000 tahun yang lalu. Gundukan ini dibangun dengan menumpuk tanah dan lumpur dengan bentuk segiempat dengan ukuran dasar sekitar 220 x 220 meter (720 x 720 kaki) dengan tinggi sekitar 50 meter (155 kaki).

Konstruksi dari makam ini dimulai pada tahun kedua pemerintahan Raja Wu (139 sebelum masehi) dan diselesaikan sewaktu kematiannya sekitar 53 tahun kemudian. Makan ini diisi dengan berbagai benda peninggalan pemakaman yang beberapa diantaranya sekarang dipajang di museum terdekat. Di sekitar Maoling terdapat serangkaian makam kecil yang berasal dari selir kesayangan Raja Wu, Nyonya Li; ahli militer Hao Qubing; dan beberapa anggota keluarga kerajaan lainnya.

Maoling, Makam dari Raja Wu dari Han (Wikipedia)

Apakah Benar Piramida Raksasa Putih Ini Nyata?
Beberapa peneliti yang menelusuri baik legenda maupun penampakan dari Piramida Puti Xi’an tidak percaya bahwa piramida putih tersebut adalah Maoling dengan mengacu fakta bahwa penemuan piramida putih tersebut terjadi di dengan pegunungan Qin Ling, sementara itu Maoling terletak pada dataran yang rata namun terpencil. Hal lain adalahh Maoling terletak di Timur Laut Xi’an, sementara Gaussman dan Sheahan menemukan piramida putih di barat daya.

Deskripsi tentang piramida ini juga tidak tepat, kecuali bahwa mendeskripsikan bahwa Piramida Putih memiliki bentuk piramida sempurna yang kontras dengan piramida berpuncak datar di Maoling. Mungkin saja New Yor Times hanya menggunakan foto Maoling untuk menggambarkan piramida di China, meninggalkan kemungkinan terbuka bahwa mungkin Piramida Putih benar-benar ada masih menunggu ditemukan di luar sana. Ataukah baik Schroder, Gaussman, maupun Sheahan semuanya salah mendeskripsikan termasuk estimasi ukuran dan apa yang mereka lihat benar-benar adalah Maoling?

Beberapa orang percaya bahwa Piramida Putih terletak pada dataran berbukin-bukit di Gunung Qin Ling, sulit untuk ditemukan di antara pegunungan dan jurang yang dalam. Sudah banyak peneliti dan penjelajah berusaha menemukan Piramida Putih ini, namun tidak ada satu pun yang berhasil.

Sumber
The Great White Pyramid of China – Historic Mysteries. Available from: http://www.historicmysteries.com/the-great-white-pyramid-of-china/
China’s Lost Pyramids – Unexplained Earth. Available from: http://unexplainedearth.com/Xi’an.php
The White Pyramid of Xi’an – Bibliotocapleyades. Available from: http://www.bibliotecapleyades.net/piramides/esp_piramides_china_3.htm
Pyramids in China – World Mysteries. Available from: http://www.world-mysteries.com/mpl_pyramidsofchina.htm
In Search of the White Pyramid – China Expat. Available from: http://www.chinaexpat.com/2011/05/05/in-search-of-the-white-pyramid.html/


Previous
Next Post »