The Pompeii of Cina: Kota Kuno Bawah Laut Kerajaan Dian

Kerajaan kuno ini berada di Cina. Dinamakan demikian karena istana ini didirikan oleh suku Dian yang bermukim di Danau Fuxian yang terletak di sebelah utara Yunan atau 60 km dari Kota Kunming. Wilayah ini telah mengalami kerusakan gempa beberapa kali. Ada banyak cerita rakyat setempat tentang kota kuno ini, tetapi hanya sedikit bukti historis yang ada tentang kota ini sebelum ditemukannya kota yang terletak di daerah cekung ini.

Danau Fuxian

Penduduk setempat sering mengungkapkan bahwa mereka melihat hantu dari dalam danau dan berbagai macam keanehan lain. Sehingga hal ini menjadi legenda. Desas desus adanya bangun kuno yang menyerupai sebuah kota kuno di bawah Danau Fuxian mengundang para arkeolog untuk datang. Pada 13-15 Maret 2001, dilakukan survei dari sebuah kelompok yang terdiri dari Profesor Universitas Beijing, eco-arkeolog dan dua wartawan harian Yunnan. Untuk mencapai bagian bawah Danau Fuxian digunakan sebuah kapal selam yang disebut Blue Whale.
Dengan menggunakan serangkaian teknologi tinggi, mereka berhasil mengamati dan menyelidiki peninggalan bawah air kuno milik Kerajaan Dia. Banyaknya foto yang dihasilkan  dan analisis data hidrologi membuktikan bahwa peninggalan Kerajaan Dian telah tertinggal di dasar danau.
Fitur konstruksi Kerajaan Dian mirip dengan yang digunakan di Tembok Raksasa Cina. Bangunan-bangunan yang terbuat dari batu, dan pengolahan batu besar adalah bukti tingginya tingkat peradaban pembangun. Kota bawah laut ini terdiri dari beberapa kabupaten dengan gaya perumahan yang berbeda, batu paving dan dinding. Perbedaan tersebut jarang terjadi di bangunan kuno yang lain.

Stempel Kerajaan Dian
Sumber: En.Wikepedia.org

Kota kuno ini terdiri dari sekitar delapan kelompok bangunan batu dengan lebar 1,2 km dan panjang 2 km-panjang, total keseluruhannya mencakup sekitar 2,4 km persegi. Delapan kelompok bangunan ini masaing-masing berbeda ukurannya. Lima kelompok berdiri bersama-sama di bagian tengah. Satu kelompok terletak di kedalaman mulai dari 20 meter sampai 98 meter. Sedangkan dua kelompok berikutnya kelompok berada di kedalaman 75-90 meter.
Beberapa ahli percaya kota kuno ini mungkin telah tenggelam ke dalam air pada saat bencana besar 2.000-3.000 tahun yang lalu. Tapi terdapat teori lain yaitu bahwa ada sesuatu yang menyebabkan air danau naik. Penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk menentukan apa yang terjadi.

Dinding-Dinding Batu Di Dasar Danau Fuxian


Sumber:
En.Wikepedia.org
http://app1.chinadaily.com.cn/


Previous
Next Post »