Sepuluh Buku Tertua Di Dunia

Tradisi Menulis dan sastra diperkirakan telah ada sejak 7000-4000 tahun SM. Media penulisan yang digunakan juga beragam. Mulai dari tanah liat, sutra, tembikar, papirus, bahkan meti mati. Lalu apakah buku tertua di dunia ini? Berikut 10 buku tertua di dunia yang berhasil ditemukan:

1.   Madrid Codex
Usia       : 494 Tahun
Ditemukan di Spanyol pada 1860-an, Madrid Codex - juga dikenal sebagai Tro-Cortesianus Codex - adalah salah satu buku yang ditemukan pada periode pra-Columbus di daerah kebudayan Maya sekitar 900-1521 Masehi.
Kemungkinan besar diproduksi di Yucatán, buku ini ditulis dalam bahasa Yucatecan, kelompok bahasa Maya yang meliputi daerah Yucatec, Itza, Lacandon dan Mopan. Para ahli tidak setuju mengenai tanggal yang tepat diciptakannya Madrid Codex, meskipun dikatakan oleh beberapa ahli bahwa buku ini telah dibuat sebelum penaklukan Spanyol pada abad ke-16. Buku ini saat ini berada di Museum Museo de América di Madrid, Spanyol.


2.   The Gutenberg Bible
Usia : 600 Tahun
The Gutenberg Bible, juga dikenal sebagai  “The 42-Line Bible” (Alkitab deret ke-42). Buku kuno ini terdaftar oleh Guinness Book Of World Records sebagai Buku tertua di dunia yang telah menggunakan mekanis cetak. Salinan pertama buku ini dicetak pada tahun 1454-1455 Masehi.

Buku ini dicetak oleh Johannes Gutenberg, di Mainz, Jerman, dianggap buku tertua karena dicetak menggunakan tipe bergerak di Dunia Barat - meskipun di Cina sudah ada contoh buku cetak berabad-abad sebelumnya, seperti Diamond Sutra. Ada 48 salinan asli yang keberadaan telah diketahui, dari semuanya itu hanya 21 yang lengkap. Salah satunya ada di Perpustakaan Umum New York.
3.   The Celtic Psalter
Usia         : 938 Tahun
The Celtic Psalter atau Mazmur Celtic adalah diskripsi dari Scotland’s Book of Kells. Buku Mazmur berukuran saku sekarang bertempat di Universitas Edinburgh, di mana pertama kali ditampilkan di publik pada tahun 2009. Buku ini dianggap telah diciptakan pada abad ke-11, sehingga menjadi buku tertua di Skotlandia.

4.   Diamond Sutra
Usia       : 1.145 Tahun
Merupakan sebuah teks suci milik agama Buddha, Diamond Sutra dianggap buku cetak tertua yang ada di dunia hingga saat ini.  Buku ini ditemukan dalam dinding  gua di Cina bersama dengan bahan cetak lainnya, buku ini terdiri dari karakter Cina, dicetak pada gulungan kertas berwarna abu-abu, dibungkus bersama galah kayu. Buku itu disalin oleh seorang pria bernama Wong Jie, pada Mei 868 Masehi, atas perintah dari orang tuanya yang dicatat pada akhir teks.

5.   Siddur, Jewish Prayer Book
Usia       : 1.173 Tahun
Buku ini merupakan sebuah buku doa milik umat Yahudi bertanggal tahun 840 M. Ditemukan kembali pada tahun 2013. Dan selama kurun waktu tahu tersebut telah ditemukan sebanyak 3 buah buku Siddur. Perkamen lengkap, masih mengikat dalam bentuk aslinya, buku ini mengandung vokal Babelanion yang mirip dengan bahasa Inggris kuno atau abad pertengahan. Hal ini memungkinkan para ahli untuk mengklarifikasikan buku ini ke zaman Geonim – Masa Babelanion dan Kepemimpinan Talmud selama abad pertengahan.


6.   Book Of Kells
Usia   : 1.213 Tahun
Kitab Kells disimpan di College Library Trinity di Dublin, Irlandia, dan dianggap telah diciptakan oleh para biarawan Celtic sekitar tahun 800 M. Buku ini merupakan naskah Injil yang ditulis dalam bahasa latin, yang berisi 4 Ijil Perjanjian Baru.


7.   St  Cuthbert Gospel
Usia   : 1.315 Tahun
Sampai sekarang buku tertua di dunia yang berhasil ditemukan dalam kondisi utuh yaitu St. Cuthbert Gospel atau Injil St. Cuthbert. Buku ini dibeli oleh British Library pada tahun 2012 seharga £ 9.000.000 sebagai bagian dari kampanye penggalangan dana. Buku itu dikuburkan bersama St Cuthbert, pemimpin awal Kristen Inggris, di pulau Lindisfarne off Northumberland, pada sekitar tahun 698 M. Setelah dapat selamat dari penaklukan Viking, buku ini pindah ke Durham untuk menghindari perampasan dari bangsa Viking, sehingga dapat selamat dari kehancuran. Buku itu lagi ditemukan kembali pada tahun 1104 M, dengan diberikan tambahan cover sebagai sampulnya.


8.   Nag Hammadi Library
Usia       : 1.693 Tahun
Dianggap sebagai buku tertua di dunia dalam kondisi masih terjilid. 13 naskah buku ini masih terjilid dalam kayu papirus/lontar. Ditemukan pada tahun 1945, terkubur di dalam stoples yang tertutup rapat, oleh seorang pria lokal di kota Nag Hammadi di Upper Egypt. Buku ini berisi teks Gnostik, yang bertanggal sekitar paruh pertama abad ke-4 Masehi. Ditulis dalam bahasa Koptik, yang naskah diduga disalin dari bahasa Yunani. Nag Hammadi codex saat ini dapat ditemukan di Museum Koptik di Kairo, Mesir.



9.   Pyrgi Gold Tablets
Usia       : 2.513 Tahun
Ditemukan pada tahun 1964 dalam penggalian tempat pengasinagn di Kota kuno Pyrgi, Italia. Buku ini berwujud tiga lepengan emas yang diperkirakan berasal dari periode tahun 500 SM. Tepi dari lempengan ini terdapat lubang. Para ahli berpendapat bahwa ketika lempengan itu pernah terjilid. Dua ditulis dalam teks Etruscan, dan satunya ditulis dalam Phoenician. Buku ini merupakan dedikasi dari Raja Thefarie Velianas untuk dewi Astarte Fenisia. Buku emas ini sekarang ditampilkan di Museum Nasional Etruscan di Roma, Italia.

10.       Etruscan Gold Book
Usia   :         2.673 Tahun

Dianggap buku multi-halaman teryua di dunia yang berasal sekitar tahun 660 SM. Etruscan Gold Book ditemukan 70 tahun yang lalu pada saat menggali kanal dari Sungai Struma di Bulgaria. Buku ini dibuat dari 6 lembar emas 24 karat, diikat/dijilid dengan cincin. Pelatnya ditulis dalam karakter Etruscan, dan juga terdapat gambar kuda, penunggang kuda, sebuah Siren, kecapi, dan prajurit. Buku itu disumbangkan ke Museum Sejarah Nasional Bulgaria di Sofia, oleh donor anonim berusia 87 tahun. Etruria adalah ras kuno orang-orang yang bermigrasi dari Lydia - saat ini menjadi bagian dari wilayah Turki modern - menetap di Italia tengah hampir 3000 tahun yang lalu.

Sumber:

wikepedia 
Previous
Next Post »