Makam Megalitikum Kuno Newgrange di Irlandia


Newgrange  di Irlandia adalah sebuah makam kuno yang diperkirakan dibangun pada 3.200 SM. Makam kuno Newgrange ini berbentuk gundukan besar yang memiliki diameter 80 m dan dikelilingi oleh batu sejumlah 97 buah. Uniknya batu – batu tersebut dihiasi khas seni megalitik. Para peneliti memperkirakan bahwa pembangunan makam kuno Newgrange ini membutuhkan 300 pekerja dengan waktu pembangunan minimal 20 tahun. Luas area makam ini 0,5 heaktar dan total batu yang mengelilinginya seberat 200.000 ton. Terdiri dari batu air linting dari teras Sungai Boyne. Penggalian juga menunjukkan bahwa batu kuarsa putih dari urat kuarsa di Co Wicklow dan batu-batu granit bulat dari daerah Mourne dan Carlingford juga digunakan untuk membangun dinding revetment di sepanjang sisi depan atau sebelah selatan dari gundukan.
Menurut mitos masyarakat Irlandia, makam kuno Newgrange tersebut dianggap sebagai “fairy mounds” atau makam peri. Newgrange dipercaya sebagai rumah dari Oenghus yaitu Dewa Cinta menurut budaya masyarakat setempat.
Makam kuno Newgrange bukan hanya sekadar gundukan tanah. Di dalam makam ini terdapat beberapa ruangan. Bagian dalam sepanjang 19 meter mengarah ke ruang berbentuk salib dengan atap “corbelled”. Untuk membangun atap ini, pembangun dilakukan dengan sistem tumpang tindih lapisan batu - batu besar sampai atap bisa ditutup dengan batu penjuru. Jarak antara atap dan lantainya adalah 6 meter. Setelah hampir 5000 tahun, atap dari makam kuno Newgrange masih tahan air atau “water proof”.
Gambar dari dalam ruang di makam kuno Newgrange diukir dengan pola tri-spiral yang mungkin merupakan simbol Megalithic paling terkenal Irlandia. Pola ukiran tersebut sering disebut sebagai desain Celtic, tetapi pola tersebut setidaknya dikukir 2500 tahun sebelum Celtic mencapai Irlandia. Pola tri spiral yang ada di dalam ruangan dikukir di atas batu berdiameter 12 cm, berukuran kurang dari sepertiga ukuran desain tri-spiral pada batu pintu masuk.
Sebuah lingkaran batu berdiri juga mengelilingi Newgrange. Tujuannya masih belum jelas, meskipun demikian, penelitian terbaru menunjukkan bahwa lingkaran tersebut bisa saja memiliki fungsi astronomi. The Stone Circle tersebut didirikan setelah 2000 SM, sejak penggalian pertama telah menunjukkan bahwa salah satu batu dari lingkaran tersebut berasal dari periode Awal Zaman Perunggu.


Makam kuno Newgrange yang telah lama tersembunyi kembali ditemukan pada tahun 1699 ketika terjadi poyek pembangunan jalan. Sebuah penggalian utama di Newgrange dimulai tahun 1962. Newgrange telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan menarik 200.000 pengunjung per tahun. Tidak ada akses langsung ke makam kuno Newgrange, untuk menuju ke sana, para turis harus mengikuti tur BrĂș na Boinne Visitor Centre yang terletak dekat dengan desa Donore, Co Meath. 
Previous
Next Post »