Bagaimana Keju Tercipta?


Salah satu jenis makanan yang terbuat dari fermentasi susu yang paling favorit adalah keju. Lalu siapakah yang pertama kali membuat keju?. Tidak ada yang tau siapakah yang mmebuat keju pertama kali, tapi diperkirakan keju telah ada sejak lebih 4.000 tahun yang lalu. Menurut legenda kuno, keju dibuat oleh seorang pedagang Arab yang menempatkan pasokan susunya ke dalam kantong yang terbuat dari perut domba, karena ia akan melakukan perjalanan melintasi padang pasir. Lapisan kantong domba yang mengandung rennet ditambah dengan panasnya matahari, menyebabkan susu terpisah menjadi dadih dan pada malam harinya ketika ia merasa haus, ia membuka bekal bawaanya itu dan merasakan bekalnya itu memiliki cita rasa yang menyenangkan dan dapat mengusir rasa laparnya.
Para penjelajah atau petualang dari Asia diyakini telah membawa seni pembuatan keju ke Eropa. Bahkan, keju dibuat banyak pada masa kejayaan Kekaisaran Romawi. Bangsa Romawi, pada gilirannya, memperkenalkan pembuatan keju ke Inggris. Selama Abad Pertengahan serta menurunnta kekuasaan Kekaisaran Romawi hingga penemuan Amerika, keju dibuat dan diperbaiki oleh para biarawan di biara-biara Eropa. Misalnya, di Gorgonzola, keju dibuat di Lembah Po di Italia pada 879 M, dan Italia menjadi pusat pembuatan keju Eropa selama abad ke-10 M. Roquefort juga disebutkan dalam catatan kuno dari biara di Conques, Prancis dengaan angka tahun 1070 M. Pembuatan terus berkembang di Eropa dan menjadi makanan sehari - hari.

Pembuatan keju cepat menyebar di Dunia Baru, Amerika, tetapi sampai abad ke-19 M, produksi keju masih menjadi industri pertanian lokal. Hingga sampai 1851 M, pabrik keju pertama di Amerika Serikat dibangun oleh Jesse Williams di Oneida County, New York.
Oleh karena penduduk di seluruh Amerika Serikat terus tumbuh secara dramatis, permintaan untuk keju meningkat dan industri secara bertahap pindah ke barat dan berpusat di tanah pertanian kaya Wisconsin. Pada tahun 1845 M, sekelompok imigran dari Swiss menetap di Green County, Wisconsin dan mulai pembuatan keju asing di Amerika. Kebanyakan petani Wisconsin percaya bahwa kelangsungan hidup masa depan mereka terikat oleh keju dan pabrik keju pertama mereka adalah di Limburger yang dibuka pada tahun 1868.
Industri keju besar mulai menunjukkan pertumbuhan yang fenomenal selama paruh kedua tahun 1800-an. Pada tahun 1880 ada 3.923 pabrik susu nasional yang dilaporkan telah membuat 216 juta pon keju yang pertahun bernilai $ 17 juta (nilai saat itu). Ini mewakili hampir 90 persen dari total produksi keju tahun itu. Pada pergantian abad, produksi pertanian keju telah menjadi tidak signifikan. Sensus tahun output pabrik susu mencapai lebih dari 317 juta pound. Permintaan keju terus tumbuh dan menyebar dengan cepat dan produksi keju olahan meningkat secara dramatis. Total produksi keju alami tumbuh dari 418 juta pound pada tahun 1920 menjadi 2,2 milyar pon pada tahun 1970. Permintaan naiknya keju sepanjang 1970-an dan 1980-an membuat total produksi keju asli lebih dari 6 miliar pound pada awal tahun 1990-an. Keju olahan juga mengalami lonjakan permintaan konsumen dengan produksi tahunan melebihi 2 miliar pound per tahun pada awal tahun 1990-an.
Previous
Next Post »